Kewajiban dan Hak Suami Istri Dalam Agama Islam


Pernikahan dalam Agama Islam sangat tinggi dan mulia kedudukannya, sehingga Alloh SWT mengaturnya sedemikian indahnya. Mulai dari bagaimana seharusnya cara memilih pasangan hidup yang sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an, proses perkenalan, proses pernikahan (ijab qobul), pengaturan kewajiban dan hak suami istri, adab dan tata cara interaksi pasangan rumahtangga dalam perkawinan, hingga ke masalah perceraian dan pengaturan pasca perceraian.

Bahasan kali ini membahas mengenai Kewajiban dan Hak yang seharusnya diketahui serta dijalankan oleh pasangan suami istri dalam mengarungi bahtera kehidupan sehari-hari dalam rumah tangganya yang sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an dan Hadits Nabi Muhammad SAW.

Insya Alloh, pada lain kesempatan akan kami tuliskan sisi-sisi kehidupan rumah tangga yang lainnya.


Kewajiban dan Hak Suami Istri

Biasanya dalam susunan urutan penulisan dibuat seperti ini:.....Hak dan Kewajiban..... Tapi kami sengaja menuliskan dengan urutan yang berbeda dengan menempatkan Kewajiban berada di urutan paling depan. Maksudnya, sebelum pasangan suami istri menuntut haknya masing masing mereka harus tahu dulu kewajibannya masing-masing agar tidak terjadi yang namanya "mau enaknya sendiri".

TO BE CONTINUED

Tidak ada komentar:

Advertise